Minggu, 15 Agustus 2010

Menginstall XAMPP (Apache, MySQL, dan PHP) Untuk Windows

Apa itu XAMPP?
xampp_logo
XAMPP merupakan sebuah aplikasi yang banyak digunakan oleh para developer PHP script untuk menginstall server ke Windows secara cepat dan mudah. XAMPP merupakan satu paket server yang sangat lengkap yang sudah terdiri dari PHP, MySQL, Apache, dan phpmyadmin.
Apa yang dibutuhkan untuk menginstall XAMPP?
1. Seperangkat komputer dengan sistem operasi windows, direkomendasikan anda menggunakan Windows XP
2. Tentunya anda sangat membutuhkan aplikasi XAMPP sendiri, yang dapat anda bisa download di website resminya yaitu www.apachefriends.org. Filenya dapat anda download pada halaman ini, pada halaman tersebut akan terdapat tiga pilihan (Installer, ZIP, dan EXE (7-zip)), silahkan anda memilih yang installer. Filenya cukup besar kira-kira 39 MB. Jika anda mengalami kesulitan dalam mendownloadnya, silahkan kontakinfo@anfidz.web.id untuk meminta dikirimkan CD untuk file ini.
Installasi XAMPP
Setelah anda memiliki filenya, silahkan anda double click file tersebut, maka akan tampil sebuah pilihan bahasa, silahkan anda pilih bahasa yang anda inginkan dan anda kuasai, disini saya memilih English.
languange_xampp
Lalu klik OK.
next_xampp
Yang perlu anda lakukan adalah hanya mengklik Next >
location_xampp
Nah pada saat ini, anda diharuskan meilih pada direktori mana XAMPP akan diinstall, saya sarankan sesuai default saja yaitu pada c:\xampp
Kemudian klik next
install_xampp
Untuk Create a XAMPP desktop icon dan Create Apache Friends XAMPP folder in the start menu ini bersifat optional, boleh anda contren atau tidak juga tidak jadi masalah. Tetapi pada Install ApacheInstall MySQL, dan Install Filezilla ini harus dicontreng.
Setelah itu klik Install
finish_xampp
Setelah proses selesai silahkan anda klik finish
Sekarang installasi XAMPP sudah selesai, untuk mencobanya, silahkan anda buka browser, lalu ketikan http://localhost
Jika keluar XAMPP maka anda berhasil menginstall XAMPP pada komputer anda

Tidak ada komentar:

Cool B themes Slider